my daily life and curiosity about technology

Sunday, November 12, 2023

Percepat Adopsi IPv6 dengan Model DTITA

Lambatnya adopsi IPv6 di Indonesia, meskipun memiliki berbagai keunggulan dibandingkan IPv4, menjadi masalah yang mendesak. Untuk mengatasi tantangan ini, sebuah penelitian yang dilakukan Mukhammad Andri Setiawan memperkenalkan model DTITA (Design Thinking-Inspired Technology Adoption). 

DTITA menggabungkan lima tahapan desain thinking dan faktor-faktor adopsi teknologi tradisional seperti kegunaan yang dirasakan, kemudahan penggunaan, dan pengaruh sosial. Model ini bertujuan menciptakan solusi yang berpusat pada pengguna untuk mengatasi hambatan unik dalam adopsi teknologi baru seperti IPv6.

Tahapan dalam model DTITA antara lain:

  1. Empati : Pahami kebutuhan dan kekhawatiran pengguna, administrator jaringan, dan pemangku kepentingan terkait transisi ke IPv6.
  2. Definisi: Analisis informasi pada tahap empati untuk mengidentifikasi masalah, tantangan, dan peluang terkait adopsi IPv6. 
  3. Ideasi: Brainstorming solusi untuk masalah yang teridentifikasi. Pertimbangkan kegunaan dan kemudahan IPv6 yang dirasakan.
  4. Prototipe: Mengembangkan model implementasi IPv6 yang diusulkan di dalam laboratorium.
  5. Eksperimentasi: Mengevaluasi efektivitas prototipe dengan umpan balik dari pengguna dan pemangku kepentingan.

Dengan menempatkan pengguna di pusat proses desain, model DTITA dapat secara efektif mengatasi tantangan dan hambatan unik dalam adopsi IPv6. Pendekatan yang berfokus pada pengguna ini diharapkan dapat mempercepat adopsi IPv6 di Indonesia demi mendukung transformasi digital.


Referensi: Paper

Be First to Post Comment !
Post a Comment