my daily life and curiosity about technology

Monday, November 13, 2023

Apa itu Ransomware?

Ransomware merupakan salah satu ancaman siber yang paling mengkhawatirkan saat ini. Ransomware adalah jenis malicious software yang menyandera data atau sistem komputer pengguna dan meminta tebusan untuk melepaskannya. 


Cara kerja ransomware cukup sederhana namun efektif. Pelaku ransomware biasanya menyebarkan malware melalui email phishing yang berisi lampiran atau link berbahaya. Jika pengguna membuka lampiran atau link tersebut, malware akan terinstal di perangkatnya. 


Setelah terinstal, ransomware akan mulai mengenkripsi berkas-berkas penting di komputer korban menggunakan algoritma enkripsi canggih. Berkas-berkas yang terenkripsi ini tidak akan bisa dibuka tanpa kunci dekripsi yang dimiliki pelaku. 


Korban ransomware kemudian akan melihat pesan yang menuntut pembayaran uang tebusan dalam jumlah tertentu, biasanya menggunakan cryptocurrency untuk menyamarkan jejak transaksi. Jika tebusan tidak dibayar dalam waktu tertentu, pelaku mengancam akan menghapus kunci dekripsi sehingga korban tidak akan pernah bisa mengakses data mereka lagi.


Menghadapi ancaman ransomware, pengguna disarankan untuk rutin melakukan backup data, memperbarui software dan sistem operasi, menggunakan antivirus terpercaya, serta berhati-hati terhadap email atau link mencurigakan. Kesadaran dan kewaspadaan merupakan pertahanan terbaik untuk melindungi diri dari serangan ransomware.

Be First to Post Comment !
Post a Comment