my daily life and curiosity about technology

Monday, November 27, 2023

Cara merawat Cast Iron




Assalamualaikum bund....! Kali ini kita ngobrolin sesuatu yang mungkin ada di dapur kita: cast iron skillet. Wajan besi cor ini emang juara buat masak, tapi perawatannya? Hmm, mari kita bahas dengan santai.


Pertama, ingat ya bunds, cast iron itu unik. Dia butuh sedikit lebih banyak cinta dan perhatian daripada wajan lain. Tapi tenang aja, perawatannya nggak ribet kok. Yang penting, kita harus tahu caranya.


Nah, setelah masak dengan cast iron, langkah pertama adalah membersihkannya. Ini yang sering bikin kita bingung. Sebaiknya, cuci cast iron saat masih hangat. Pakai air hangat dan sikat lembut, bukan spons yang kasar. Jangan pake sabun ya, Moms, karena bisa merusak lapisan 'seasoning' yang sudah terbentuk.


Kemudian, keringkan cast iron dengan segera. Ini penting! Jangan biarkan dia basah terlalu lama, karena bisa berkarat. Setelah dicuci, langsung keringkan dengan handuk kering atau panaskan di atas kompor sebentar. Ini juga membantu membunuh kuman.


Selanjutnya, seasoning atau pelapisan. Ini kuncinya! Setelah cast iron kering, oleskan tipis butter atau minyak lain yang tahan panas tinggi. Gosok merata, lalu panaskan lagi wajan di atas kompor atau di oven. Ini bakal membentuk lapisan anti lengket alami dan melindungi cast iron dari karat.


Oh ya, satu lagi, jangan gunakan cast iron untuk memasak makanan yang asam, seperti tomat atau saus yang punya cuka. Ini karena asam bisa mengikis lapisan 'seasoning' dan merusak wajan.


Terakhir, penyimpanan. Simpan cast iron di tempat yang kering. Kalau bisa, letakkan selembar kertas dapur di dalam wajan untuk menyerap kelembapan.


Nah, itu dia cara merawat cast iron skillet. Mungkin terdengar sedikit ribet, tapi percayalah, dengan perawatan yang tepat, cast iron kamu bisa jadi teman memasak seumur hidup. Plus, makanan yang kamu masak jadi lebih sehat dan lezat. 


Jadi, yuk mulai 'berteman' dengan cast iron kita. Selamat mencoba, bunds! Ingat, di dapur kita adalah ratunya!


---

Be First to Post Comment !
Post a Comment