my daily life and curiosity about technology

Monday, November 27, 2023

Menulis diary



Assalamualaikum ibund yang luar biasa! Kali ini kita akan ngobrolin sesuatu yang bisa jadi sahabat terbaik kita di tengah kesibukan: journaling untuk self-healing. Yap, nulis di buku catatan, tapi dengan twist yang bisa bikin hati kita lebih ringan. Yuk, kita mulai!


Pertama, apa sih journaling untuk self-healing itu? Sederhananya, ini cara kita 'ngobrol' sama diri sendiri lewat tulisan. Di sini, kita bisa curhat, ngeluh, berterima kasih, bahkan berimajinasi. Pokoknya, apa pun yang bikin hati kita plong.


Nah, gimana cara mulainya? Gampang banget, bund. Siapkan buku catatan atau diary yang nyaman buat kita. Bisa yang polos, yang lucu, atau yang ada hiasannya. Sesuai selera deh. Terus, sediakan waktu sejenak di hari kita untuk nulis. Bisa pagi-pagi sambil ngopi, atau malam hari sebelum tidur.


Mulai tulis apa pun yang ada di pikiran kita. Nggak perlu bingung mau nulis apa. Bisa mulai dari, "Hari ini aku merasa..." atau "Hal yang bikin aku senang hari ini adalah...". Intinya, tulis apa yang kita rasakan, tanpa filter. Nggak perlu khawatir soal ejaan atau tata bahasa yang benar. Ini journal kita, bukan tugas sekolah anak-anak.


Journaling ini juga bisa jadi tempat kita bersyukur, lho. Cobalah untuk menuliskan hal-hal yang kita syukuri setiap hari. Bisa hal kecil seperti "Anakku tertawa lepas hari ini", atau "Cuaca cerah bikin hati senang". Ini bisa mengubah cara pandang kita terhadap hidup, lho. Bikin kita lebih positif dan menghargai momen-momen kecil.


Bund, jangan lupa untuk jujur dengan perasaan kita saat menulis. Ini penting banget. Karena lewat journaling, kita bisa mengenali dan mengelola emosi kita. Bisa jadi, kita nemuin solusi dari masalah yang kita hadapi, atau setidaknya, hati kita jadi lebih lega.


Selain itu, coba eksperimen dengan cara menulis. Bisa dengan membuat daftar, gambar, atau bahkan puisi. Yang penting, ekspresikan diri kita.


Singkatnya, journaling untuk self-healing ini kayak terapi gratis yang bisa kita lakukan kapan saja. Ini cara kita 'berbicara' dan mendengarkan diri sendiri. Jadi, yuk, bund, mulai ambil pena dan buku catatan, dan biarkan hati kita 'berbicara'. Siapa tahu, ini jadi cara kita menemukan kedamaian di tengah kesibukan sebagai super mom.


Happy journaling!


---

Be First to Post Comment !
Post a Comment