my daily life and curiosity about technology

Monday, November 27, 2023

Cobain deh, masak pakai Cast Iron



Assalamualaikum buund... 

Kali ini kita mau ngomongin sesuatu yang mungkin terdengar kuno, tapi justru punya banyak kelebihan. Yap, kita akan bicara tentang memasak dengan cast iron atau wajan besi cor. Jangan underestimate dulu, ya, karena wajan ini punya banyak keajaiban di dapur.


Pertama, cast iron itu ibaratnya kayak barang antik yang semakin tua, semakin jadi. Semakin lama dipakai, permukaannya malah semakin bagus buat masak. Ini karena cast iron punya lapisan 'seasoning' yang terbentuk dari minyak yang kita gunakan saat memasak. Lapisan inilah yang bikin wajan ini jadi non-stick secara alami. Jadi, semakin sering dipakai, semakin enak buat memasak.


Terus, Moms, wajan cast iron itu juara banget dalam hal meratakan dan mempertahankan panas. Artinya, masakan kita bisa matang sempurna, daging jadi empuk, dan sayur tetap crunchy. Plus, bisa dipakai untuk semua jenis masakan, dari goreng telur sampai bikin pancake!


Nah, bicara soal sehat, wajan cast iron juga punya poin plus. Berbeda dengan wajan anti lengket yang kadang mengandung bahan kimia, cast iron ini aman banget. Bahkan, bisa menambah asupan zat besi ke dalam makanan kita. Jadi, sambil masak, kita juga sambil 'menyehatkan' makanan. Double win!


Oiya, cast iron ini tahan lama banget. Dengan perawatan yang tepat, wajan ini bisa bertahan hingga turun-temurun. Caranya gampang, bund. Setelah dipakai, cukup dibersihkan dengan air hangat, dikeringkan, dan olesi sedikit minyak. Jangan pake sabun ya, Moms, biar lapisan 'seasoning'-nya tetap terjaga.


Kekurangannya? Mungkin karena berat dan butuh sedikit ekstra perhatian. Tapi, itu semua terbayar dengan hasil masakan yang lezat dan kesehatan yang terjaga.


Jadi, buat ibund yang suka eksperimen di dapur, cobain deh masak dengan cast iron. Ini bisa jadi petualangan baru yang menarik dan mengasikkan. Bayangin aja, bunds, masak telur dadar yang sempurna, steak yang juicy, atau pancake yang garing di luar dan lembut di dalam. Yum!


Yuk, mulai berpetualang dengan cast iron dan rasakan perbedaannya. Siapa tahu, ibund jadi penggemar berat wajan klasik ini. Happy cooking!


---

Be First to Post Comment !
Post a Comment