my daily life and curiosity about technology

Saturday, November 25, 2023

Bahaya pakai teflon!


Hai para super emak! Kali ini, kita akan ngobrolin sesuatu yang mungkin sering banget kita pakai di dapur, tapi ternyata menyimpan cerita di baliknya, yaitu panci teflon. Ya, panci teflon yang kinclong dan gampang dibersihkan itu lho.


Awalnya, si teflon ini kelihatan seperti pahlawan dapur ya, karena masakan nggak lengket dan mudah dibersihkan. Tapi, ternyata di balik kemudahan itu, ada beberapa hal yang perlu kita waspadai.


Pertama, soal suhu memasak. Panci teflon diciptakan untuk memasak dengan suhu rendah hingga sedang. Nah, kalau kita pakai untuk goreng-gorengan atau masak dengan api besar, lapisan teflonnya bisa rusak. Kenapa ini bahaya? Karena saat rusak, panci teflon akan mengeluarkan gas beracun yang namanya Polytetrafluoroethylene (PTFE). Gas ini nggak baik buat kesehatan kita dan keluarga lho.


Kedua, soal goresan. Siapa sih yang nggak kesal kalau panci baru kena gores? Tapi, bukan cuma soal estetika, goresan pada teflon juga bisa menyebabkan partikel teflon tercampur ke dalam masakan kita. Walaupun katanya sih partikel ini tidak berbahaya, tapi tetap aja kan nggak nyaman kalau ada bahan asing yang ikut makan bareng kita.


Ketiga, masalah lama pakai. Teflon itu nggak didesain untuk tahan lama, jadi kalau sudah beberapa tahun, baiknya diganti. Tapi, kalau dana lagi tipis, jangan khawatir. Kita bisa pakai panci atau wajan dari bahan lain seperti stainless steel atau besi tuang yang lebih tahan lama dan aman.


Nah, sebagai emak-emak yang cerdas, kita harus jeli ya dalam memilih alat masak. Jangan tergiur sama iklan yang bikin panci teflon kelihatan sempurna. Ingat, kesehatan keluarga itu nomor satu!


So, next time kamu belanja perlengkapan dapur, mungkin bisa pertimbangkan lagi deh, mau beli panci teflon lagi atau coba yang lain. Siapa tahu, kamu malah jadi jatuh cinta sama panci stainless steel yang awet dan aman itu.


Sekian curhatan dapur kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap semangat memasak untuk keluarga tercinta. Happy cooking, super emak!

Be First to Post Comment !
Post a Comment