my daily life and curiosity about technology

Saturday, November 25, 2023

Afirmasi Positif



Assalamu'alaikum buund....

Kita sering dengar nggak sih tentang afirmasi positif? Plus, ada hubungannya lho dengan yang namanya 'unconscious mind' atau pikiran bawah sadar. Kedengerannya kayak ilmu psikologi tingkat tinggi, tapi sebenarnya simpel kok. Yuk, kita bahas dengan santai!


Pertama, mari kita kenalan dengan 'unconscious mind'. Bayangin aja, ini seperti hard drive komputer kita yang menyimpan semua file dan kenangan sejak kita lahir. Di sini, ada kebiasaan, keyakinan, dan segala macam pengalaman kita. Nah, pikiran bawah sadar ini bekerja non-stop, bahkan saat kita lagi nyuci baju atau masak nasi, dia tetap aktif.


Sekarang, soal afirmasi positif. Ini adalah kalimat-kalimat positif yang kita ucapkan atau kita pikirkan untuk 'membajak' pikiran bawah sadar kita. Jadi, bukannya disimpan dengan kekhawatiran atau pikiran negatif, kita isi dengan hal-hal yang positif dan menguatkan. Contohnya, "Aku adalah ibu yang hebat dan penuh cinta." Sederhana, kan?


Jadi, gimana caranya afirmasi ini bekerja? Well, setiap kali kita mengulang-ulang afirmasi, pikiran bawah sadar kita mulai 'percaya' dengan apa yang kita ucapkan. Ini seperti memberi sugesti pada diri sendiri. Lama-lama, tanpa kita sadari, kita jadi lebih percaya diri dan positif.


Kenapa ini penting? Karena seringkali, kita sebagai emak-emak super ini nggak sadar kalau kadang kita terlalu keras pada diri sendiri. Kita sering meragukan kemampuan kita sendiri. Nah, dengan afirmasi positif, kita bisa mengubah narasi itu menjadi lebih mendukung dan penuh cinta pada diri sendiri.


Tapi ingat ya, Moms, afirmasi ini bukan mantra sihir. Jadi nggak langsung berubah dalam semalam. Ini seperti olahraga, butuh konsistensi dan waktu. Jadi, jangan cepat menyerah. Ulangi afirmasi setiap hari, bisa sambil ngopi di pagi hari atau sebelum tidur.


Oh ya, jangan lupa juga untuk buat afirmasi yang spesifik dan yang bener-bener resonates sama kita. Misalnya, kalau kita lagi struggle dengan manajemen waktu, afirmasinya bisa, "Aku bisa mengatur waktu dengan baik dan efisien."


Mudah-mudahan, dengan mengadopsi afirmasi positif ini, kita bisa lebih banyak memberi cinta dan penghargaan pada diri sendiri. Kita semua hebat, Moms! Jadi, yuk, kita mulai percaya dan berbicara lebih baik pada diri kita. Cheers to a more positive and loving you!


--- 

Be First to Post Comment !
Post a Comment